Kaliworo Diterjang Lahar Dingin Merapi

Banjir lahar dingin kembali menerjang Kaliworo, Akibatnya, arus lalu-lintas yang melewati dam Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten ditutup.

Informasi yang dihimpun banjir lahar dingin terjadi Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB akibat hujan deras yang di puncak Gunung Merapi. Banjir setinggi lutut orang dewasa ini sempat membuat lalu lintas yang melewati dam keempat di Desa Kendalsari ditutup hampir satu jam.

Meski berkapasitas sedang, namun sejumlah warga yang akan melintasi dam Kendalsari terpaksa mengurungkan niatnya dan menunggu arus banjir yang disertai material Merapi ini surut. Banjir lahar dingin ini membawa bebatuan dan pasir yang bercampur dengan endapan abu vulkanik sisa erupsi Gunung Merapi.

Sukari, salah satu relawan menuturkan, banjir lahar dingin diprediksi akan masih terus terjadi. Mengingat intensitas hujan masih tinggi.

“Kami tetap menghimbau kepada warga di sekitar bantaran Kaliworo, utamanya yang akan melintas Kaliworo untuk selalu waspada. Terutama saat hujan deras tiba,” pintanya.

sumber: http://www.timlo.net/regional/klaten

Artikel Terkait

0 balasan:

Posting Komentar