Lima Ton Apem di Puncak Yaqowiyyu 2012

Jatinom- Sedikitnya lima ton apem akan memeriahkan puncak perayaan upacara adat Yaqowiyu di Kecamatan Jatinom, Klaten, Jumat (13/1/2012) mendatang.
 
Ketua Pelaksana Yaqowiyu, Jaka Purwanta, kepada Espos, Selasa (27/12/2011), mengatakan pembukaan upacara adat Yaqowiyu dilakukan pada Minggu (5/1/2012).

Rencananya, perayaan upacara adat yang digelar setahun sekali itu akan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Setya Subagya.

Satu hari sebelum puncak acara, sekitar lima ton apem akan diarak dari Kantor Kecamatan Jatinom menuju kawasan Masjid Agung. Apem itu selanjutnya disemayamkan di dalam masjid selama semalam. Sehari setelahnya, apem itu akan disebar pada kerumunan warga yang berada di kawasan Sendang Plampeyan yang tak jauh dari masjid.

“Apem tersebut berasal dari swadaya masyarakat Jatinom. Sebelum disemayamkan di Masjid Agung, kirab apem mampir terlebih dahulu ke Masjid Alit.
 
sumber: harianjogja.com

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Selamat siang Kota Jatinom, blognya informatif sekali, oiya untuk info atau berita seputar Klaten atau Jatinom khususnya bisa klik di
    Berita Seputar Jatinom - Klaten | Blog Klaten
    Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus